fry. Kisahkan Jalan Buntu Situationship dalam Single “Retrograde”

fry. Kisahkan Jalan Buntu Situationship dalam Single “Retrograde”

Sumber foto : Diambil dari siaran pers fry.

Inspirasi lagu ini datang setelah bertengkar dan kemudian sadar setelahnya, bahwa tidak ada yang saling mendengar. Setiap kalimat yang diutarakan tidak menyelesaikan masalah namun malah memperburuk pertengkaran

Tak jarang ketika menjalin suatu hubungan, setiap pasangan mesti berhadapan dengan situasi berbeda pandangan yang berujung pada pertengkaran. Dalam situasi tersebut, masing-masing diantaranya timbul berbagai respon wajar seperti dilema akan keyakinan atau rasa ragu terhadap pasangannya.

Menggaris bawahi tentang situasi pertengkaran dalam sebuah hubungan, menjadi benang merah yang ditulis oleh Yemima Frian atau dikenal dengan nama panggung fry. dalam single keempatnya yang bertajuk “Retrograde”. Menurut fry. single anyar tersebut adalah sebuah lagu tentang ‘berada dalam sebuah situationship dengan seseorang terkadang kita bergerak tidak maju, melainkan mundur’.

Fry. pun berujuar. Ketika pertengkaran terjadi, saat itulah kita merasa kembali ke awal dan mempertanyakan segalanya. Secara astrologi, ketika sebuah planet mengalami kemunduran, kita menarik diri kita sendiri dan hal itu menghalangi semua jenis komunikasi. Oleh karena itu, orang tersebut bertanya apakah mereka dapat beristirahat sebelum segalanya menjadi lebih buruk.

Ia juga mengungkapkan jika inspirasi lagu ini datang setelah bertengkar dan kemudian sadar setelahnya, bahwa tidak ada yang saling mendengar. Setiap kalimat yang diutarakan tidak menyelesaikan masalahnya namun malah memperburuk pertengkarannya karena tujuannya adalah untuk menyakiti. Perasaan ini diutarakan di bagian, “Saying words with no meaning. Can’t remember why we’re fighting.”

Baginya “Your words are underwater.” adalah salah satu lirik favorit fry. dari lagu dimana ketika kita sedang bertengkar, sebagian besar waktu kita tidak mendengarkan untuk memahami, melainkan untuk menyerang. Ketika sedang berada di bawah air, suara dan kata-kata teredam, kita tidak bisa benar-benar memahami apa yang diutarakan oleh sesama.

Single “Retrograde” merupakan salah satu materi yang akan merangkum EP terbaru milik fry. bertajuk Crush Complex yang akan keluar pada tahun 2024 ini. Dalam membidani single “Retrograde”, fry. kali ini berkolaborasi dengan maniasonic beserta Sekar Astiari dan Tabitha Atmodjo sebagai producer.

Pada proses kreasi musik “Retrograde”, fry. sebagai komposer mengambil inspirasi dari The Internet dan SZA. Alunan melodi bassnya memimpin lagu, bercengkrama dengan vokal yang mengalir mengungkapkan kisahnya. Turut menambah ekplosrasi musik, perkusi yang ditabuh secara kompleks pun mengetengahkan kesadaran akan apa yang sedang terjadi.

Saat mengolah demo, peran kedua Produser Sekar dan Tabitha pun melangkah dengan tepat. Tabitha menambahkan melodi gitar yang memberi kesan sexy and chill vibe, sementara Sekar berkreasi dengan kombinasi pattern kick dan hi-hats pada drum, serta variasi suara synthesizer. Sekar juga memberi sentuhan ambience sebuah cafe pada intro lagu untuk menggambarkan seolah lagu tersebut sedang dimainkan di cafe. Secara mix, pada bagian bridge, Sekar membuat vokal fry. bersuara lebih ambient untuk membuat bridge yang lebih soothing dan smooth.

Sejak 21 Mei 2024 lalu, single “Retrograde” milik fry. mulai rilis oleh maniasonic secara digital di berbagai layanan DSP pada umumnya, seperti Spotify. Pada 25 Mei lalu, fry. juga telah melengkapi “Retrograde” dengan format video lirik yang dirilis melalui kanal YouTube maniasonic. Silahkan nikmati melalui tautan di bawah ini.

BACA JUGA - T. Rucira Soroti Hubungan dan Emosi Manusia dalam Single “Baik Saja”

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner